Pengembangan Penuntun Praktikum Fisika Berbasis Discovery Learning Bermuatan Karakter Untuk Materi Gerak Harmonik Sederhana
Main Authors: | Lumowa, Rocky S. , Naharia, Orbanus , Palilingan, Rolles |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi S-2 Pendidikan IPA Universitas Negeri Manado
, 2020
|
Online Access: |
https://ejurnal-mapalus-unima.ac.id/index.php/dunia-edukasi/article/view/119 https://ejurnal-mapalus-unima.ac.id/index.php/dunia-edukasi/article/view/119/74 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan dan menghasilkan sebuah produk berupa penuntun praktikum Fisika berbasis Discovery Learning bermuatan karakter yang dapat digunakan sebagai media untuk praktikum. Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian pengembangan. Sampel penelitian yang diambil adalah siswa kelas XI SMA Negeri 7 Manado. Banyaknya siswa yang diteliti adalah 39 siswa pada kelas eksperimen. Dalam penelitian ini yang dikembangkan adalah penuntun praktikum model discovery learning akan membantu siswa belajar memahami materi ajar dan mengerjakan praktikum. Penelitian ini menggunakan pengembangan perangkat pembelajaran 4-D menurut Thiagarajan, Semmel dan Semmel. Pengembangan model ini memiliki empat tahap yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan dan pendesiminasian. Dalam menggunakan model ini peneliti hanya sampai tahap pengembangan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa penuntun praktikum terdiri dari tiga bagian, yaitu bagian depan yang terdiri dari sampul depan, kata pengantar, daftar isi, identitas siswa, dan tata tertib laboratorium, sedangkan bagian isi berisi judul, pengantar, tujuan, alat dan bahan, kegiatan pembelajaran, penerapan, dan rujukan/pustakaan. Langkah-langkah percobaan adalah enam tahapan dalam model pembelajaran discovery learning. Nilai-nilai karakter terdapat dalam langkah-langkah percobaan dan dicetak tebal. Penuntun praktikum termasuk dalam kriteria valid sesuai dengan validasi pakar mencapai persentase skor 93,75%. Penuntun praktikum layak digunakan dalam pembelajaran menurut tanggapan siswa melalui uji coba skala kecil mencapai persentase skor 90,50%. Penuntun praktikum Fisika berbasis discovery learning untuk materi gerak harmonik sederhana yang dikembangkan efektif karena hasil belajar siswa meningkat, siswa lebih aktif dan karakter mulia siswa lebih nampak. Kata Kunci : Praktikum, Discover- Learning, pendidikan karakter.