PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING BOLA VOLI

Main Authors: Sari, Ni Nengah Ari Yustika, Adi, I Putu Panca, Satyawan, I Made
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Pendidikan Ganesha , 2021
Online Access: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJIK/article/view/29824
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJIK/article/view/29824/17404
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together terhadap hasil belajar passing bola voli pada peserta didik kelas X SMKS Pariwisata Triatma Jaya Singaraja. Jenis penelitian ini adalah eksperimen sesungguhnya dengan menggunakan rancangan penelitian posttest only control grup design. Populasi dari penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMKS Pariwisata Triatma Jaya Singaraja yang berjumlah 236 orang, yang kemudian dipilih sebagai sampel penelitian sebanyak 60 orang (30 orang dari kelas X kuliner 1 dan 30 orang dari kelas X kuliner 2). Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan simple random sampling. Data hasil belajar dikumpulkan melalui tes kognitif dan psikomotor. Analisis data menggunakan Uji-t dengan bantuan SPSS 16.00 for windows. Pada kelompok eksperimen diperoleh nilai rata-rata 80,33, sedangkan kelompok kontrol 76,10 Berdasarkan Uji Independent Sampel Test angka signifikan yang diperoleh melalui uji-t adalah sig 0.000<0,05. Jadi dapat disimpulkn model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar bola voli. Dengan demikian disarankan kepada guru PJOK dapat menerapkan model kooperatif tipe numbered head together karena sudah terbukti berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik. Kata Kunci: NHT, Hasil Bbelajar, Bola Voli