Konsep Pemikiran Pembaharuan Muhammad Abduh dan Relevansinya dalam Manajemen Pendidikan Islam Di Era Kontemporer (Kajian Filosofis Historis)

Main Author: Rz. Ricky Satria Wiranata
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: STAI Terpadu Yogyakarta , 2019
Subjects:
Online Access: http://staitbiasjogja.ac.id/jurnal/index.php/alfahim/article/view/53
http://staitbiasjogja.ac.id/jurnal/index.php/alfahim/article/view/53/46
Daftar Isi:
  • Gagasan Pembaharuan adalah keniscyaan bahwa dunia selalu berubah-ubah dari masa kemasa tidak terkecuali Manajemen Pendidikan Islam. Manajemen yang baik akan menghantarkan Lembaga Pendidikan Islam yang berkualitas, Lembaga Pendidikan Islam yang berkualitas akan menghasilkan siswa yang sempurna. Siswa yang sempurna adalah mereka yang memiliki akal yang maju dan aqidah yang kuat. Menurut Abduh, Lembaga Pendidikan Islam harus memiliki menajamen yang dapat menjembatani dua produk budaya besar di dunia yaitu Islam dan Barat. Penelitian ini penting karena mencoba merekontruksi pemikiran Muhammad Abduh tentang pokok-pokok pembaharuan dan relevansinya dengan Manajemen Pendidikan Islam, kemudian dianalisis kritis melalui pendekatan filosofis historis untuk mengetahui sejauh mana pemikiran Muhammad Abduh membekas di era Kontemporer dalam konteks Manajemen Pendidikan Islam.