Pengaruh Konseling Behavioral Teknik Latihan Asertif dan Tipe Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Sawan

Main Authors: ., Made Ayu Suratmi, ., Dr. I Ketut Gading,M.Psi, ., Prof. Dr. Gede Sedanayasa,M.Pd
Format: Article info eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Pendidikan Ganesha , 2016
Online Access: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJBK/article/view/7830
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh konseling behavioral teknik latihan asertif dan tipe belajar terhadap prestasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Experiment) dengan rancangan Two Factor Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Sawan berjumlah 76 siswa. Sampel diperoleh menggunakan teknik simple random sampling berjumlah 40 orang dan dibagi menjadi empat kelompok. Data diperoleh dengan metode kuesioner dan hasil ulangan. Data yang diperoleh dianalisis dengan ANAVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan prestasi belajar antara siswa yang mendapatkan konseling behavioral teknik latihan asertif dengan siswa yang tidak mendapatkan konseling behavioral teknik latihan asertif (F= 47,127; p