PEMBELAJARAN I’RAB DENGAN MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING

Main Author: Harimi, Abdal Chaqil
Other Authors: STAI Masjid Syuhada Yogyakarta
Format: Article info application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: STAI Masjid Syuhada Yogyakarta , 2018
Online Access: https://journal.staimsyk.ac.id/index.php/ihtimam/article/view/161
https://journal.staimsyk.ac.id/index.php/ihtimam/article/view/161/127
Daftar Isi:
  • Bahasa Arab memiliki karakteristik unik yang tidak dimiliki oleh bahasa lain. Karakteristik unik tersebut adalah sistem i’rab yang yang memiliki tanda-tanda yang berbeda sesuai dengan amil (pengaruh) yang mendahuluinya. Keberadaan sistem i’rab di sini, memberikan tantangan tersendiri bagi pendidik. Dalam pembelajaran i’rab, pendidik diharapkan dapat membantu memberikan pemahaman kepada peserta didik dengan berbagai macam metode dan strategi. Artikel ini membahas tentang pembelajaran i’rab bahasa Arab dengan menggunakan model cooperative learning. Teori pembelajaran yang menjadi landasan coopretive learning adalah teori pembelajaran konstruktivisme. Cooperative learning sendiri memiliki beberapa strataegi pembeajaran yaitu, STAD (Students Team Achievment Divisions), Jigsaw, Group Investigation, dan struktural. Kata kunci: I’rab. Cooperative lecturing, Konstruktivisme