HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN MEMAHAMI ISI BACAAN DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SD NEGERI 067690 MEDAN JOHOR TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Main Author: | Harahap, Eka Oksani; Universitas Quality |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Sosial UIN Sumatera Utara Medan
, 2019
|
Online Access: |
http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/KOMUNIKOLOGI/article/view/5314 http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/KOMUNIKOLOGI/article/view/5314/2381 |
Daftar Isi:
- Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimanakah kemampuan membaca siswa ada mata pelajaran Bahasa Iandonesia di kelas IV SD Negeri 067690 Medan Johor Tahun Pelajaran 2017/2018. (2) Bagaimana hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SD Negeri 067690 Medan Johor Tahun Pelajaran 2017/2018 (3) Apakah ada hubungan kemampuan membaca dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SD Negeri 067690 Medan Johor Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 067690 Medan Johor pada tanggal 4 Mei 2018.Populasi seluruh siswa IV SD Negeri 067690 Medan Johor. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IVA SD Negeri 067690 Medan Johor yang berjumlah 25 siswa. Alat Pengumpulan data yang digunakan Memberi siswa test bacaan. Sedangkan nilai belajar siswa diambil dari wali kelas IVA SD Negeri 067690 Medan Johor. Hasil penelitian menyimpulan bahwa rata-rata hasil test kemampuan membaca diperoleh (80,4). Rata-rata Nilai hasil belajar siswa yang di peroleh siswa Kelas IV (79,68). Hasil yang diproleh dari koefisien korelasi sebesar 0,955 atau 9,55% dengan tingkat signifikan lebih kecil dari 0,05. Hasil dari 15,5 sedangkan 2,07. lebih besar dari pada sehingga ditolak diterima. Sehingga Adanya Hubungan Antara Kemampuan Membaca Dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas IV SD Negeri 067690 Medan Johor Tahun Pelajaran 2017/2018.