Kompetensi: Wawasan Kependidikan, Akademik, Dan Pengembangan Profesi Guru Pada Evaluasi Implementasi KTSP di SMK

Main Author: Komaro, Mumu
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Himpunan Pengembang Kurikulum Indonesia (HIPKIN) , 2021
Subjects:
Online Access: https://ejournal.upi.edu/index.php/JIK/article/view/35703
https://ejournal.upi.edu/index.php/JIK/article/view/35703/15179
Daftar Isi:
  • Pelaksanaan KTSP di sekolah masih mengalami hambatan pada unsur guru. Implementasi KTSP masih diwarnai minimnya sosialisasi dan kompetensi guru. Timbul pertanyaan bagaimana mungkin KTSP berhasil diterapkan di sekolah jika para guru masih belum memahami konsep, substansi, dan mekanisme pelaksanaan KTSP. Jika masalah ini dibiarkan maka akan sia-sia apa yang telah dilakukan oleh pemerintah dan penentu kebijakan pendidikan, sehingga dalam konteks ini perlu dipahami bahwa pentingnya kompetensi yang harus dimiliki guru. Permasalahan di atas, diteliti melalui evaluasi implementasi KTSP pada aspek kompetensi wawasan kependidikan, akademik, dan pengembangan profesi menggunakan model perbandingan antara standar evaluasi dengan hasil observasi (standard vs observ). Subjek penelitian adalah guru Mata Diklat Teknik Gambar Mesin di SMKN 2 Bandung. Instrument penelitian berupa: observasi, wawancara dan studi dokumentasi yang perangkatnya di jadment oleh ahlinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi wawasan kependidikan dibandingkan dengan rambu-rambu tuntutan kurikulum yang terdapat pada dokumen KTSP di SMK, diperoleh ketercapaian 50,97 %, kompetensi akademik keilmuan dan keterampilan diperoleh ketercapaian 58,3 %, sedangkan kompetensi pengembangan profesi diperoleh ketercapaian 38,07 %.