Implementasi Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa

Main Author: Samsuri, S.
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Himpunan Pengembang Kurikulum Indonesia (HIPKIN) , 2021
Subjects:
Online Access: https://ejournal.upi.edu/index.php/JIK/article/view/35624
https://ejournal.upi.edu/index.php/JIK/article/view/35624/15137
Daftar Isi:
  • Konsep Cooperative Learning pada dasarnya mengacu pada pendekatan teori konstruktivisme, dimana dalam proses pembelajarannya memfokuskan pada aktivitas siswa secara individual, menemukan dan mentranformasikan informasi secara kompleks. Jigsaw merupakan salah satu tipe model pembelajaran cooperative learning yang dalam proses pembelajarannya mengutamakan kerja kelompok dan interaksi setiap anggota kelompok. Ciri khas model pembelajaran tipe jigsaw dibentuk kelompok asal dan kelompok atau tim ahli.Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar yang diharapkan, pada akhir Kegiatan Belajar Mengajar(KBM) harus dilakukan tes akhir sebagai tolak ukur kemampuan siswa dalam menyerap bahan ajar dan tolak ukur bagi keberhasilan guru dalam melaksankan KBM.