PENGARUH METODE MORAL REASONING TERHADAP PENANAMAN KARAKTER NASIONALISME SISWA SD DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK
Main Authors: | Apriyani, An-Nisa; PGSD Universitas Alma Ata, Rusiyono, Ruwet; PGSD Universitas Alma Ata |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Ahmad Dahlan
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://journal.uad.ac.id/index.php/JPSD/article/view/12579 http://journal.uad.ac.id/index.php/JPSD/article/view/12579/6237 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode moral reasoning terhadap penanaman karakter nasionalisme siswa SD dalam pembelajaran tematik. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain nonequivalent control group design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V di SD N Ngebel Kasihan. SD N Ngebel memiliki dua kelas, kelas V A sebagai kelompok kontrol menggunakan metode storytelling dan kelas V B sebagai kelompok eksperimen menggunakan metode moral reasoning. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah uji-t dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaaan yang signifikan antara penanaman karakter nasionalisme dengan metode moral reasoning dan metode storytelling. Perbedaaan tersebut terlihat di semua subkarakter nasionalisme yang mencakup nilai Ketuhanan Yang Maha Esa dengan hasil uji t 0,155, nilai Kemanusiaan yang Adil dan Beradab dengan hasil uji t 0,129, nilai Persatuan Indonesia dengan hasil uji t 0,405, nilai Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan dengan hasil uji t 0,529, dan nilai Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia dengan hasil uji t 0,608.