KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA
Main Author: | Putri, Ika Puspita; Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Ahmad Dahlan
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://journal.uad.ac.id/index.php/JPSD/article/view/12573 http://journal.uad.ac.id/index.php/JPSD/article/view/12573/6231 |
ctrlnum |
article-12573 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="en-US">KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA</title><creator>Putri, Ika Puspita; Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga</creator><subject lang="en-US">Model pembelajaran STAD; Pembelajaran Kooperatif; Pembelajaran matematika</subject><description lang="en-US">Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas non-siklus. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Cebongan 01. Teknik pengumpulan data dengan teknik tes (tes formatif) dan non tes (observasi). Instrumen penelitian menggunakan item dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan Realia Media dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Hal ini dapat dilihat pada saat siklus siswa yang menyelesaikan KKM adalah 1 siswa dan ada peningkatan bahwa ada 25 siswa yang memenuhi KKM (78%) dan ada peningkatan yang signifikan yaitu 26 siswa (100%) siswa telah mencapai KKM. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan Media Realia pada pembelajaran Matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 5 SD Negeri Cebongan 01. Guru harus dapat menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran lain dan siswa. diharapkan lebih aktif dan bertanggung jawab dalam kegiatan diskusi kelompok.</description><publisher lang="en-US">Universitas Ahmad Dahlan</publisher><contributor lang="en-US"/><date>2018-08-28</date><type>Journal:Article</type><type>Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion</type><type>Other:</type><type>File:application/pdf</type><identifier>http://journal.uad.ac.id/index.php/JPSD/article/view/12573</identifier><identifier>10.26555/jpsd.v5i1.a12573</identifier><source lang="en-US">Jurnal JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar); Vol 5, No 1: Februari 2018; 128-134</source><source>2614-0136</source><source>2356-3869</source><language>eng</language><relation>http://journal.uad.ac.id/index.php/JPSD/article/view/12573/6231</relation><rights lang="0">Copyright (c) 2019 Universitas Ahmad Dahlan</rights><rights lang="0">http://creativecommons.org/licenses/by/4.0</rights><recordID>article-12573</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Journal:Article Journal Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion Other Other: File:application/pdf File Journal:eJournal |
author |
Putri, Ika Puspita; Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga |
title |
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA |
publisher |
Universitas Ahmad Dahlan |
publishDate |
2018 |
topic |
Model pembelajaran STAD Pembelajaran Kooperatif Pembelajaran matematika |
url |
http://journal.uad.ac.id/index.php/JPSD/article/view/12573 http://journal.uad.ac.id/index.php/JPSD/article/view/12573/6231 |
contents |
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas non-siklus. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Cebongan 01. Teknik pengumpulan data dengan teknik tes (tes formatif) dan non tes (observasi). Instrumen penelitian menggunakan item dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan Realia Media dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Hal ini dapat dilihat pada saat siklus siswa yang menyelesaikan KKM adalah 1 siswa dan ada peningkatan bahwa ada 25 siswa yang memenuhi KKM (78%) dan ada peningkatan yang signifikan yaitu 26 siswa (100%) siswa telah mencapai KKM. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan Media Realia pada pembelajaran Matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 5 SD Negeri Cebongan 01. Guru harus dapat menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran lain dan siswa. diharapkan lebih aktif dan bertanggung jawab dalam kegiatan diskusi kelompok. |
id |
IOS1574.article-12573 |
institution |
Universitas Ahmad Dahlan |
institution_id |
62 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Ahmad Dahlan |
library_id |
467 |
collection |
JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) |
repository_id |
1574 |
subject_area |
Pendidikan |
city |
KOTA YOGYAKARTA |
province |
DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA |
repoId |
IOS1574 |
first_indexed |
2019-05-04T08:08:31Z |
last_indexed |
2023-02-22T23:16:29Z |
recordtype |
dc |
merged_child_boolean |
1 |
_version_ |
1800665856471990272 |
score |
16.622116 |