KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Main Author: Putri, Ika Puspita; Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Ahmad Dahlan , 2018
Subjects:
Online Access: http://journal.uad.ac.id/index.php/JPSD/article/view/12573
http://journal.uad.ac.id/index.php/JPSD/article/view/12573/6231
ctrlnum article-12573
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="en-US">KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA</title><creator>Putri, Ika Puspita; Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga</creator><subject lang="en-US">Model pembelajaran STAD; Pembelajaran Kooperatif; Pembelajaran matematika</subject><description lang="en-US">Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas non-siklus. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Cebongan 01. Teknik pengumpulan data dengan teknik tes (tes formatif) dan non tes (observasi). Instrumen penelitian menggunakan item dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan Realia Media dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Hal ini dapat dilihat pada saat siklus siswa yang menyelesaikan KKM adalah 1 siswa dan ada peningkatan bahwa ada 25 siswa yang memenuhi KKM (78%) dan ada peningkatan yang signifikan yaitu 26 siswa (100%) siswa telah mencapai KKM. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan Media Realia pada pembelajaran Matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 5 SD Negeri Cebongan 01. Guru harus dapat menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran lain dan siswa. diharapkan lebih aktif dan bertanggung jawab dalam kegiatan diskusi kelompok.</description><publisher lang="en-US">Universitas Ahmad Dahlan</publisher><contributor lang="en-US"/><date>2018-08-28</date><type>Journal:Article</type><type>Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion</type><type>Other:</type><type>File:application/pdf</type><identifier>http://journal.uad.ac.id/index.php/JPSD/article/view/12573</identifier><identifier>10.26555/jpsd.v5i1.a12573</identifier><source lang="en-US">Jurnal JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar); Vol 5, No 1: Februari 2018; 128-134</source><source>2614-0136</source><source>2356-3869</source><language>eng</language><relation>http://journal.uad.ac.id/index.php/JPSD/article/view/12573/6231</relation><rights lang="0">Copyright (c) 2019 Universitas Ahmad Dahlan</rights><rights lang="0">http://creativecommons.org/licenses/by/4.0</rights><recordID>article-12573</recordID></dc>
language eng
format Journal:Article
Journal
Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Other
Other:
File:application/pdf
File
Journal:eJournal
author Putri, Ika Puspita; Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga
title KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA
publisher Universitas Ahmad Dahlan
publishDate 2018
topic Model pembelajaran STAD
Pembelajaran Kooperatif
Pembelajaran matematika
url http://journal.uad.ac.id/index.php/JPSD/article/view/12573
http://journal.uad.ac.id/index.php/JPSD/article/view/12573/6231
contents Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas non-siklus. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Cebongan 01. Teknik pengumpulan data dengan teknik tes (tes formatif) dan non tes (observasi). Instrumen penelitian menggunakan item dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan Realia Media dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Hal ini dapat dilihat pada saat siklus siswa yang menyelesaikan KKM adalah 1 siswa dan ada peningkatan bahwa ada 25 siswa yang memenuhi KKM (78%) dan ada peningkatan yang signifikan yaitu 26 siswa (100%) siswa telah mencapai KKM. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan Media Realia pada pembelajaran Matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 5 SD Negeri Cebongan 01. Guru harus dapat menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran lain dan siswa. diharapkan lebih aktif dan bertanggung jawab dalam kegiatan diskusi kelompok.
id IOS1574.article-12573
institution Universitas Ahmad Dahlan
institution_id 62
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Ahmad Dahlan
library_id 467
collection JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar)
repository_id 1574
subject_area Pendidikan
city KOTA YOGYAKARTA
province DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
repoId IOS1574
first_indexed 2019-05-04T08:08:31Z
last_indexed 2023-02-22T23:16:29Z
recordtype dc
merged_child_boolean 1
_version_ 1800665856471990272
score 16.622116