RANCANG BANGUN ANTARMUKA INTERAKTIF BERBASIS GRAFIK UNTUK SIMULASI PENCARIAN RUTE TERPENDEK DENGAN ALGORITMA DJIKSTRA

Main Author: Wardani, Arum Kusuma
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: ind
Terbitan: Fakultas Teknik dan Informatika, Universitas Dian Nusantara , 2021
Subjects:
Online Access: http://jurnal.undira.ac.id/index.php/jurnaltera/article/view/58
http://jurnal.undira.ac.id/index.php/jurnaltera/article/view/58/53
Daftar Isi:
  • Algoritma dijkstra ditemukan oleh Edger Wybe Dijkstra merupakan salah satu algoritma untuk menentukan lintasan terpendek. Salah satu implementasi Algoritma Djikstra dengan bahasa C dirasa tidak efektif karena data titik dan garis harus dibuat dan disimpan terlebih dahulu dalam bentuk file teks sehingga menyulitkan pemakai. Maka diperlukan aplikasi dengan antarmuka interaktif berbasis grafik yang dapat mempermudah dalam menyediakan semua komponen penunjang yang dibutuhkan pada Algoritma Djikstra, meliputi pembuatan titik, garis, memasukan gambar/peta dan meyimpanan data. Metode yang digunakan dalam pembuatan aplikasi ini adalah metode the linier sequential Model yang terdiri dari 5 tahap yaitu pengumpulan data, analisis, desain, pengkodean, pengujian. Rancang Bangun Antarmuka Interaktif berbasis grafik untuk Pencarian Rute Terpendek dengan Algoritma Djikstra dapat menyediakan semua komponen penunjang yang dibutuhkan pada seperti pembuatan titik, garis, memasukan gambar/peta dan meyimpanan data lebih interaktif dan mudah serta memberikan hasil perhitungan yang baik, sehingga pemakai dapat mengetahui jarak terpendek yang bisa digunakan untuk mencapai satu tujuan.