Daftar Isi:
  • Susu pasteurisasi merupakan salah satu produk pemenuh kebutuhan protein hewani, mineral dan memiliki nilai gizi yang tinggi. BMC sebagai salah satu produsen susu pasteurisasi di Jawa Barat memerlukan suatu perumusan strategi pengembangan usaha guna menghadapi persaingan usaha serta perubahan perubahan yang terjadi. Penelitian yang dilakukan pada PT. Agronesia Divisi Makanan Dan Minuman (BMC) bertujuan untuk (1) menganalisis faktor internal yang merupakan kekuatan dan kelemahan bagi produk susu pasteurisasi Bandoengsche Melk Centrale (BMC); (2) menganalisis faktor eksternal yang merupakan peluang dan ancaman bagi produk susu pasteurisasi Bandoengsche Melk Centrale (BMC); (3) merumuskan alternatif strategi pengembangan bagi produk susu pasteurisasi Bandoengsche Melk Centrale (BMC). Penelitian dilaksanakan di PT. Agronesia Divisi Makanan Dan Minuman (BMC) di Kecamatan Sumur Bandung, Kota Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Pengambilan data dilaksanakan pada bulan Maret - April 2015. Analisis data yang digunakan yaitu analisis Matriks IFE, Matriks EFE, Matriks IE, Matriks SWOT dan Matriks QSPM. Hasil penelitian menunjukkan (1) Faktor-faktor internal produk susu pasteurisasi Bandoengsche Melk Centrale (BMC) : Kekuatan : produk berkualitas, rasa dan jenis kemasan bervariasi, lokasi perusahaan yang strategis, ketepatan pengiriman, sumber daya manusia berkualitas serta kelengkapan alat yang dimiliki. Kelemahan : tidak adanya promosi khusus, kemasan produk kurang menarik, sifat produk yang mudah rusak dan daya tahannya singkat serta ruang lingkup pemasaran yang selama ini tergolong kecil; (2) Faktor-faktor eksternal produk susu pasteurisasi Bandoengsche Melk Centrale (BMC) meliputi : Peluang : pertambahan penduduk, tren gaya hidup sehat, tingginya permintaan dari industri di luar daerah Bandung, ketersediaan bahan baku serta perkembangan di bidang teknologi informasi. Ancaman : Fluktuasi harga BBM, kenaikan UMK daerah, kenaikan harga bahan baku susu murni, produk substitusi susu pasteurisasi yang beragam dan banyak produsen produk sejenis; (3) Strategi pengembangan yang tepat produk susu pasteurisasi Bandoengsche Melk Centrale (BMC) adalah dengan memperluas jaringan distribusi bekerjasama dengan agen melalui sistem job order.