Pengaruh kualitas pelayanan petugas pajak, pengetahuan perpajakan, dan persepsi yang baik atas efektivitas sistem perpajakan terhadap kepatuhan membayar pajak UMKM di Kabupaten Wonosobo
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survei. Penelitian ini mengambil judul: “Pengaruh Kualitas Pelayanan Petugas Pajak, Pengetahuan Perpajakan, dan Persepsi yang Baik Atas Efektivitas Sistem Perpajakan Terhadap Kepatuhan Membayar Pajak UMKM Di Wonosobo”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Kualitas Pelayanan Petugas Pajak, Pengetahuan Perpajakan, dan Persepsi yang Baik Atas Efektivitas Sistem Perpajakan Terhadap Kepatuhan Membayar Pajak UMKM. Populasi dalam penelitian ini adalah UMKM yang memiliki NPWP di Kabupaten Wonosobo yang berjumah 13.099 unit. Metode pengambilan sampel penelitian dihitung dengan rumus slovin didapatkan 100 responden kemudian diambil dengan teknik random sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data primer. Teknik pengumpulan data dengan teknik survei dengan cara menyebarkan kuesioner. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda yang diolah menggunakan bantuan SPSS 13. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Kualitas Pelayanan Petugas Pajak berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepatuhan Membayar Pajak UMKM, (2) Pengetahuan Perpajakan berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap Kepatuhan Membayar Pajak UMKM, dan (3) Persepsi yang Baik Atas Efektivitas Sistem Perpajakan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepatuhan Membayar Pajak UMKM.