Daftar Isi:
  • Konsumsi dan pembelian beras saat ini mulai mengalami pergeseran dari beras berkualitas medium menjadi beras berkualitas tinggi atau premium. Peluang bisnis tersebut dimanfaatkan oleh Perum BULOG dengan meluncurkan Beraskita Premium. Hal tersebut juga menjadi salah satu upaya penguatan sisi komersial PerumPenelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui gambaran umum beras komersial BULOG “Beraskita Premium”, 2) mengetahui karakteristik konsumen beras komersial BULOG “Beraskita Premium”, 3) menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian beras komersial BULOG “Beraskita Premium”. Metode penelitian yang digunakan adalah survei. Penelitian dilaksanakan pada bulan Februari sampai April 2019 di Kota Purwokerto. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling terhadap 96 konsumen Beraskita Premium. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriftif dan analisis SEM-PLS. Hasil penelitian menunjukan Beraskita Premium merupakan beras kemasan 5 kg varietas IR64 milik Perum BULOG yang berasal dari hasil petani lokal dan diperjual belikan kepada masyarakat umum. Karakteristik konsumen yang melakukan pembelian Beraskita Premium di Kota Purwokerto didominasi oleh perempuan (75%), berusia anatar 37 tahun sampai 50 tahun (39%),berpendidikan terakhir sarjana (37%), berpekerjaan sebagai ibu rumah tangga (36%) dan memiliki pendapatan keluarga Rp3.000.000,00 sampai Rp5.000.000,00 (41%). Keputusan pembelian Beraskita Premium di Kota Purwokerto dipengaruhi oleh produk, harga, tempat/distribusi, promosi dan motivasi.