Faktor Eksternal dan Internal Siswa Mengikuti Ekstrakurikuler Bola Voli di SMP Negeri 2 Karanglewas Kabupaten Banyumas
Daftar Isi:
- Latar Belakang: Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya siswa di SMP Negeri 2 Karanglewas yang mengikuti ekstrakurikuler bolavoli tetapi belum diketahui faktor eksternal dan internal. Penelitian ini bertujuan mengetahui faktor eksternal dan internal siswa mengikuti ekstrakurikuler bolavoli. Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan teknik purposive sampling. Subjek penelitian ini berjumlah 30 siswa SMP Negeri 2 Karanglewas. Langkah menganalisis data adalah dengan mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data dan kemudian menyimpulkan. Data yang telah dianalisis, dijelaskan dan dimaknai dalam bentuk kata-kata untuk mendiskripsikan fakta yang ada di lapangan menggunakan rumus persentase. Hasil Penelitian: Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa faktor eksternal yang dominan mempengaruhi siswa mengikuti ekstrakurikuler bolavoli meliputi: Lingkungan: banyak warga yang bermain bolavoli (63,4%). Keluarga: motivasi dari orang tua (50%). Sarana dan prasarana: sarana dan prasarana lengkap (40%). Pelatih: pelatih memiliki kompetensi (43,4%). Sekolah: sekolah mempunyai prestasi yang bagus (36,6%). Faktor internal yang dominan mempengaruhi siswa mengikuti ekstrakurikuler bolavoli meliputi: Minat: hobi (73,4%). Harapan tertentu: menambah pengalaman bermain bolavoli (30%). Prestasi: meningkatkan prestasi bolavoli (33,4%). Rekreasi: percaya diri (40%). Kesehatan: melatih kelincahan (26,6%). Kesimpulan: Faktor eksternal dan internal berperan besar sebagai pengaruh agar siswa tertarik pada ekstrakurikuler bolavoli yang diadakan di sekolah. Faktor yang dominan mempengaruhi siswa untuk mengikuti esktrakurikuler bolavoli yaitu hobi (73,4%) dari faktor internal, sedangkan dari faktor eksternal yang paling dominan mempengaruhi siswa yaitu dari faktor lingkungan (63,4%). Siswa yang mengikuti pembelajaran ekstrakurikuler bolavoli diharapkan untuk mengikuti ekstrakurikuler dengan baik, tidak hanya asal melakukan teknik-teknik permainan bolavoli dan sekedar ingin mencari nilai ekstrakurikuler.