Daftar Isi:
  • Latar Belakang: Hasil pengamatan yang dilakukan terhadap siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Sumbang tahun 2018, dengan memberikan pembelajaran passing atas bola voli menunjukkan bahwa kemampuan passing atas siswa dalam pembelajaran bola voli sangat beragam, yaitu: sebanyak 9 anak (26,47%) memiliki kemampuan baik, sebanyak 15 anak (44,12%) memiliki kemampuan cukup, dan sebanyak 10 anak (29,41%) memiliki kemampuan kurang. Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan one-group pretes-posttest design. Desain ini menggunakan satu kelompok eksperimen dengan melakukan pretest, treatment dan posttest. Instrument penelitian dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah aspek sikap, aspek pengetahuan dan aspek keterampilan. Sampel penelitian ini menggunakan siswa putra kelas VIII SMP Negeri 1 Sumbang dengan jumlah 34 anak. Teknik analisis data menggunakan uji T. Hasil Penelitian: Berdasarkan hasil penilaian aspek pengetahuan mendapatkan nilai signifikan 0,000 < 0,05, hasil penilaian aspek keterampilan mendapatkan nilai signifikan 0,000 < 0,05, hasil penilaian aspek sikap memperoleh nilai signifikan 0,000 < 0,05 dan hasil penilaian aspek pemahaman memperoleh nilai signifikan 0,000 < 0,05. Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran reciprocal style terhadap pemahaman passing atas bola voli. Kesimpulan: Terdapat pengaruh model pembelajaran reciprocal style terhadap pemahaman passing atas bola voli pada siswa putra kelas VIII SMP Negeri 1 Sumbang.