Efisiensi Ekonomis dan Strategi Pengembangan Industri Kecil Lampu Gentur di Desa Jambudipa Kecamatan Warungkondang Kabupaten Cianjur
Daftar Isi:
- Penelitian ini berjudul “Efisiensi Ekonomis dan Strategi Pengembangan Industri Kecil Lampu Gentur di Desa Jambudipa Kecamatan Warungkondang Kabupaten Cianjur”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghitung tingkat efisiensi ekonomis, menganalisis gambaran kondisi lingkungan internal dan eksternal yang berupa faktor-faktor kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman serta merumuskan strategi untuk mengembangkan industri lampu gentur di Desa Jambudipa bagi pengembangan industri lampu gentur. Responden dalam penelitian ini adalah seluruh pemilik usaha lampu gentur di Desa Jambudipa. Metode sampling yang digunakan adalah metode sensus yang berjumlah 21 responden. Metode penelitian yang digunakan adalah desktiptif kuantitatif dan kualitatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggabungkan data primer dan data sekunder. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis R/C ratio, Matriks Internal Factor Evaluation (IFE), Matriks External Factor Evaluation (EFE), Matriks Internal-Eksternal dan Matriks SWOT . Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) industri kecil lampu gentur di Desa Jambudipa Kabupaten Cianjur sudah mencapai tingkat efisiensi ekonomis dengan rata-rata nilai R/C Ratio sebesar 1,76 ini artinya usaha lampu gentur sudah memberikan keuntungan, karena penerimaan lebih besar dari pada biaya yang dikeluarkan selama satu bulan. (2). Hasil analisis matriks IFE menunjukkan bahwa total nilai skor terbobot adalah 3,722 dan total nilai skor terbobot matriks EFE adalah 3,069. (3). Hasil analisis strategi pengembangan dengan matriks IE diketahui industri kecil lampu gentur di Desa Jambudipa Kabupaten Cianjur terletak pada sel I. Strategi terbaik pada sel ini adalah strategi tumbuh dan kembangkan. Strategi pertama adalah strategi intensif (penetrasi pasar, pengembangan pasar dan pengembangan produk) dan strategi integratif (integrasi ke belakang, integrasi ke depan dan integrasi horizontal). Kemudian dari matriks SWOT diperoleh hasil 4 strategi SO, 4 strategi ST, 5 strategi WO dan 2 strategi WT.