Pengaruh Motivasi Belajar, Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi (Studi pada SMA Negeri 1 Leuwimunding Kabupaten Majalengka)
Daftar Isi:
- Penelitian ini berjudul “Pengaruh Motivasi Belajar, Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi (Studi Pada SMA Negeri 1 Leuwimunding Kabupaten Majalengka)”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh motivasi belajar, status social ekonomi orang tua dan lingkungan teman sebaya terhadap minat melanjutkan Pendidikan ke perguruan tinggi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMAN 1 Leuwimunding yang berjumlah 306 siswa. Jumlah responden yang diambil dalam penelitian ini yaitu sebanyak 173 menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu simple random sampling dengan alokasi proporsional Berdasarkan hasil penelitian dan teknik analisis data dengan menggunakan analisis jalur menunjukkan bahwa: 1) Motivasi belajar berpengaruh positif terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi 2) Status sosial ekonomi orang tua berpengaruh positif terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi 3) Lingkungan teman sebaya berpengaruh positif terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Implikasi dari penelitian ini untuk meningkatkan minat siswa melanjutkan Pendidikan ke perguruan tinggi yaitu sekolah sebaiknya melakukan kerja sama dengan pemerintah maupun pihak ketiga untuk memberikan beasiswa. Bagi orang tua sebaiknya perlu untuk memprioritaskan pendidikan anaknya dengan memberikan dorongan bagi anak untuk menempuh jenjang pendidikan yamg tinggi. Bagi siswa sebaiknya saling membangun lingkungan pergaulan yang baik yang mampu mendorong para siswa untuk saling mendukung dalam menggapai cita-cita mereka untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Diharapkan bagi penelitian selanjutnya perlu menggunakan dan atau menambahkan variabel-variabel bebas lainnya.