Pengaruh E-Commerce, Literasi Keuangan, dan Kecakapan UMKM Terhadap Peningkatan Pendapatan UMKM Pengrajin Tahu di Desa Kalisari Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas
Daftar Isi:
- Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) memiliki potensi yang besar untuk memajukan perekonomian di Indonesia. Keberlangsungan UMKM bergantung pada pendapatan UMKM itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari e-commerce, literasi keuangan, dan kecakapan UMKM terhadap peningkatan pendapatan UMKM pengrajin tahu di Desa Kalisari Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 35 unit UMKM dengan metode pengambilan sampel berdasarkan purposive sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode survey dengan alat berupa kuesioner tertutup yang didistribusikan langsung kepada pemilik atau manajer UMKM. Data yang dikumpulkan diolah dengan menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-commerce, literasi keuangan, dan kecakapan UMKM secara simultan dan parsial berpengaruh positif terhadap peningkatan pendapatan UMKM. E-commerce memiliki pengaruh terbesar terhadap peningkatan pendapatan UMKM pengrajin tahu di Desa Kalisari. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi yang nyata bagi para pelaku UMKM dalam hal pengetahuan serta pengaplikasian E-commerce, Literasi Keuangan, dan Kecakapan Manajerial. Berdasarkan hasil penelitian, maka UMKM perlu memperhatikan penggunaan e-commerce sebagai faktor yang paling berkontribusi untuk meningkatkan pendapatannya