Pengaruh Penggunaan Media Videoscribe dan Media Grafis dalam Pembelajaran Mata Pelajaran Ekonomi Terhadap Hasil Belajar Dilihat dari Minat Belajar
Daftar Isi:
- Penelitian yang berjudul “Pengaruh Penggunaan Media Videoscribe dan Media Grafis Dalam Pembelajaran Mata Pelajaran Ekonomi Terhadap Hasil Belajar Dilihat dari Minat Belajar” bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media videoscribe dan media grafis terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS SMAN 2 Purwokerto melalui minat belajar sebagai variabel mediator. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS SMAN 2 Purwokerto yang menggunakan media videoscribe dibandingkan dengan menggunakan media grafis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian komparatif dengan pendekatan eksperimen. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 73 siswa yang terbagi dalam kedua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Pengumpulan data dilakukan melalui angket dan Post Test. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier variabel mediator, analisis regresi berganda, sobel test, dan t-test. Berdasarkan hasil analisis diperoleh hasil sebagai berikut : (1) Terdapat pengaruh positif penggunaan media pembelajaran terhadap minat belajar siswa; (2) Terdapat pengaruh positif minat belajar siswa terhadap hasil belajar siswa; (3) Terdapat pengaruh positif penggunaan media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa; (4) Minat belajar siswa memediasi pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa; (5) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan antara siswa yang dalam pembelajarannya menggunakan media videoscribe dan siswa yang dalam pembelajarannya menggunakan media grafis.