Pengaruh Entertainment Ads, Informativeness Ads, Irritation Ads, Credibility Ads, dan Emotional Terhadap Advertising Value dan Sikap Konsumen (Studi pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jenderal Soedirman)
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasikan dan menganalisis cara remaja menanggapi iklan di Youtube serta faktor – faktor yang mempengaruhinya seperti hiburan iklan, informasi iklan, iritasi iklan, kredibiltas iklan, dan emosional. Di sini, iklan akan muncul sebelum video asli diputar dan memiliki opsi “skip” pada iklan yang akan tersedia setelah 5 detik pertama. Sampel dalam penelitian ini terdapat 150 responden yang merupakan mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jenderal Soedirman, yang pernah menonton iklan Traveloka di Youtube. Metode random sampling digunakan dalam penentuansampel penelitian ini. Kemudian data dianalisis dengan menggunakan Equational Structural Modelling (SEM). Hasil data menunjukkan bahwa adanya pengaruh hiburan iklan, informasi iklan, kredibilitas iklan, dan emosional memiliki pengaruh positif, sedangkan iritasi iklan berpengaruh negatif terhadap nilai iklan. Nilai iklan berpengaruh positif terhadap perilaku konsumen terhadap iklan Traveloka di Youtube.