Strategi Pemerintah Korea Selatan Meningkatkan Wisatawan ‘Mice Tourism’ Indonesia Tahun 2016-2018
Daftar Isi:
- Pariwisata telah menjadi suatu kegiatan yang dampaknya telah meluas ke berbagai sektor kehidupan. Dampak pariwisata juga dirasakan oleh para pendukung kegiatan tersebut seperti penyedia jasa perhotelan dan transportasi, restoran, cindera mata, dan lain-lain. Maka dari itu tren pariwisata saat ini membuat kedudukannya beranjak dari sektor sekunder menjadi sektor primer, dan bahkan sudah dikategorikan sebagai sebuah industri. Beberapa negara telah menjadikan sektor pariwisata sebagai salah satu prioritas utama pengembangan untuk mendukung pembangunan negara, seperti yang dilakukan Korea Selatan. Selain pariwisata yang bersifat leisure, pariwisata MICE Korea juga memiliki keunggulan yang mampu menarik wisatawan MICE global termasuk Indonesia. Dalam mencapai tujuannya meningkatkan wisatawan MICE Indonesia, Korea menggunakan strategi diplomasi publik Leonard dengan melaksanakan tiga dimensinya yaitu 1.) manajemen berita, 2.) komunikasi strategis, dan 3.) membangun hubungan. Pada penelitian akan dibahas lebih lanjut mengenai apa saja strategi diplomasi publik Korea melalui tiga dimensi tersebut untuk meningkatkan wisatawan MICE Indonesia yang berkunjung ke Korea selama tahun 2016-2018. Kata-kata kunci: pariwisata Korea Selatan, pariwisata MICE Korea Selatan, Wisatawan MICE Indonesia, diplomasi publik Leonard