Preferensi Konsumen Terhadap Sayuran Organik di Kota Bogor
Daftar Isi:
- Provinsi Jawa Barat merupakan penghasil sayuran terbesar kedua di Indonesia dengan kontribusi terbanyak dari daerah Bogor. Permintaan produk organik terutama sayuran organik semakin meningkat terutama di kota - kota besar seperti Kota Bogor. Terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi konsumen mengonsumsi sayuran organik, sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor dan variabel yang mempengaruhi preferensi konsumen terhadap sayuran organik di Kota Bogor. Sebanyak 100 responden diwawancarai dengan menggunakan metode stratified sampling. Analisis faktor digunakan untuk mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi konsumen terhadap sayuran organik. Hasil penelitian menunjukkan 8 faktor yang mempengaruhi : a) Kesehatan dan kualiatas dengan nilai varians 19,513%, b) Ketersediaan dan pengalaman dengan nilai varians 14,983%, c) Kepedulian dengan nilai varians 9,522%, d) Cita rasa sayuran organik dengan nilai varians 7,572%, e) Informasi kemasan dengan nilai varians 7,090%, f) Norma personal dan sosial dengan nilai varians 7,083%, g) Informasi media massa dan pengetahuan dengan nilai varians 6,627%, h) lingkungan sosial dengan nilai varians 5,862%. Variabel yang di identifikasikan paling mempengaruhi adalah “Lebih sehat”.