Analisis Persepsi Masyarakat Terhadap Peran Apoteker Pada Layanan Kefarmasian di Apotek Kota Purwokerto
Daftar Isi:
- Latar Belakang : Pelayanan apotek yang berubah paradigma dari drug oriented menjadi patient oriented menuntut apoteker dapat memenuhi keinginan dan selera masyarakat yang tinggi yang didasarkan standar pelayanan kefarmasian. Penelitian ini bertujuan mengetahui general awareness, persepsi, harapan dan pengalaman masyarakat terhadap peran apoteker dalam memberikan layanan kefarmasian di apotek Kota Purwokerto. Metode Penelitian : Penelitian ini merupakan penelitian rancangan cross sectional. Penentuan sampel dilakukan Accidental Sampling kepada 110 pengunjung apotek. Instrumen penelitian berupa kuesioner dan dianalisis dengan analisis deskriptif. Hasil Penelitian : Hasil penelitian menunjukkan bahwa di Kota Purwokerto, general awareness responden terhadap peran apoteker baik (84%), persepsi responden terhadap peran apoteker baik (76.5%), harapan responden terhadap peran apoteker baik (91%) dan pengalaman responden terhadap peran apoteker baik (83%). Kesimpulan : Masyarakat di Kota Purwokerto menyadari peran penting apoteker sebagai tenaga profesional kesehatan, namun hasil dari harapan masyarakat, pelayanan di apotek harus lebih ditingkatkan sesuai standar pelayanan kefarmasian agar menghasilkan suatu persepsi yang tinggi terhadap apoteker sebagai tenaga profesional kesehatan.