Pengaruh Motivasi Rasional, Motivasi Emosional, Citra Merek, dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung (Studi Terhadap Pengguna Smartphone Merek Samsung di Purwokerto)
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan penelitian survei pada konsumen smartphone merek Samsung yang berada di Purwokerto. Penelitian ini mengambil judul: “Pengaruh Motivasi Rasional, Motivasi Emosional, Citra Merek, dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung (Studi Terhadap Pengguna Smartphone Merek Samsung di Purwokerto)”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi rasional, motivasi emosional, citra merek dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pengguna smartphone Samsung di Purwokerto. Jumlah responden yang diambil dalam penelitian ini adalah 110 responden. Purposive sampling method digunakan dalam penentuan responden. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dengan menggunakan analisis regresi berganda menunjukkan bahwa: (1) Motivasi rasional berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, (2) Motivasi emosional berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, (3) Citra merek berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, (4) Persepsi harga berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Implikasi dari kesimpulan di atas yaitu dalam upaya meningkatkan keputusan pembelian, pihak manajemen Samsung sebaiknya memperhatikan berbagai kebijakan yang berkaitan dengan motivasi rasional dan motivasi emosional. Upaya yang dapat dilakukan adalah dengan melengkapi fitur sesuai dengan kebutuhan dan harapan konsumennya, sedangkan dalam upaya meningkatkan citra merek dan persepsi harga para pelanggannya, pihak manajemen Samsung adalah dengan terus berinovasi agar semakin berbeda dibandingkan pesaingnya serta memberikan diskon khusus bagi pelanggan agar terus mampu bersaing.