Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu penerapan model pembelajaran flipped classroom dan inkuiri pada kelas X IPS SMA N 1 Purwokerto. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan model flipped classroom dengan model inkuiri; (2) perbedaan efektivitas pembelajaran model flipped classroom dengan model inkuiri; (3) pengaruh model pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis; (4) pengaruh model pembelajaran terhadap efektivitas pembelajaran. Desain penelitian ini adalah Matching Pretest-Posttest Comparation Group Design. Perlakuan diberikan kepada 57 siswa kelas X IPS SMA N 1 Purwokerto. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji t, regresi, dan uji gain ternormalisasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis antara siswa yang menggunakan model flipped classroom berbasis Edmodo dengan inkuiri. Kemampuan berpikir kritis siswa dengan model flipped classroom lebih tinggi daripada siswa yang menggunakan model inkuiri; (2) Tidak terdapat perbedaan efektivitas pembelajaran antara model model flipped classroom berbasis Edmodo dengan inkuiri. Lebih lanjut, model flipped classroom lebih efektif dibandingan dengan model inkuiri dalam pembelajaran ekonomi; (3) Model pembelajaran berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kritis; (4) Model pembelajaran berpengaruh positif terhadap efektivitas pembelajaran.