Daftar Isi:
  • Penelitian ini berjudul “Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Based Learning Terhadap Minat Belajar dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi di MAN 1 Banyumas”. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui perbedaan minat dan hasil yang menggunakan model Discovery Based Learning dan model konvensional, selain itu bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery based learning terhadap hasil dan minat belajar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Teknik sampel yang digunakan purposive sampling dan sampel berjumlah 65 siswa, yang terbagi ke dalam dua kelas, yaitu kelas XI IPS 3 sebagai kelas ekperimen dan kelas XI IPS 5 sebagai kelas kontrol. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu dengan angket, pretest dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, homogenitas, uji t, dan regresi sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat perbedaan minat belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Discovery Based Learning dan model pembelajaran konvensional. Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model Discovery Based Learning dan model konvensional. Model pembelajaran Discovery Based Learning berpengaruh terhadap minat belajar. Model pembelajaran Discovery Based Learning berpengaruh terhadap hasil belajar. Minat belajar siswa berpengaruh terhadap hasil belajar siswa