Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Ditinjau dari Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X IPS MAN 2 Banyumas Tahun Pelajaran 2018/2019
Daftar Isi:
- Penelitian ini berjudul ―Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Ditinjau Dari Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X IPS MAN 2 Banyumas Tahun Pelajaran 2018/2019, dengan tujuan untuk menganalisis perbedaan hasil belajar dan motivasi belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran inkuri yang ditinjau dari motivasi belajar terhdap hasil belajar ekonomi. Jenis penelitian ini merupkan penelitian true eksperiment dengan bentuk post test only control design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas X IPS 2 dengan jumlah siswa 43 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPS 3 dengan jumlah siswa 46 sebagai kelas kontrol. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel yaitu menggunkan teknik Multistage Rendom Sampling. Berdasarkan hasil analisis menunjukan bahwa: 1) Terdapat perbedaan motivasi belajar dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri pada kelas eksperimen dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional pada kelas kontrol. 2) Terdapat perbedaan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri pada kelas eksperimen dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional pada kelas kontrol. 3) Terdapat pengaruh secara signifikan model pembelajaran inkuiri terhadap motivasi belajar. 4) Terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar. 5) Tidak terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa. 6) Terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa ekonomi yang tidak termediasi oleh motivasi belajar. Implikasi dari penelitian ini yaitu penerapan model pembelajaran yang sesuai dengan materi pelajaran dapat berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa dan pemilihan model pembelajaran yang tepat yang tepat dapat berpengaruh terhadap pencapaian hasil belajar siswa.