Pengaruh Kecerdasan Emosional, Konformitas Teman Sebaya di Sekolah, Pola Asuh dan Status Sosial Ekonomi Orangtua Terhadap Perilaku Bullying di SMP Negeri 6 Purwokerto
Daftar Isi:
- Penelitian ini berjudul “Pengaruh Kecerdasan Emosional, Konformitas Teman Sebaya, Pola Asuh dan Status Sosial Ekonomi Orangtua Terhadap Perilaku Bullying di SMP Negeri 6 Purwokerto”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kecerdasan emosional, konformitas teman sebaya, pola asuh, dan status sosial ekonomi orang tua terhadap perilaku bullying. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP N 6 Purwokerto yang berjumlah 249 siswa. Jumlah responden yang diambil dalam penelitian ini yaitu sebanyak 154 siswa dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu Proportionate Random Sampling. Berdasarkan hasil penelitian dan teknik analisis data dengan menggunakan analisis regresi berganda, menunjukkan bahwa: 1) kecerdasan emosional berpengaruh negatif terhadap perilaku bullying; 2) konformitas teman sebaya berpengaruh negatif terhadap perilaku bullying; 3) a. pola asuh orangtua autoritatif berpengaruh negatif terhadap perilaku bullying; b. pola asuh orangtua permisif berpengaruh positif terhadap perilaku bullying; c. pola asuh orangtua otoriter berpengaruh positif terhadap perilaku bullying 4) status sosial ekonomi orang tua tidak berpengaruh terhadap perilaku bullying. Implikasi untuk mengurangi perilaku bullying dapat dilakukan kegiatan untuk meningkatkan kecerdasan emosional siswa, orang tua bersama pihak sekolah hendaknya meningkatkan pengawasan terhadap konformitas teman sebaya agar terbangun lingkungan pergaulan yang baik pada siswa, kemudian bagi orang tua sebaiknya menerapkan pengawasan dan dukungan yang lebih tepat terhadap anak terkait dengan pengurangan perilaku bullying.