Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan untuk menemukan kesalahan yang umumnya paling sering dilakukan oleh mahasiswa Sastra Inggris angkatan 2016 Universitas Jenderal Soedirman dalam ujian menulis dan menemukan sumber dari kesalahan tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Data disajikan dalam bentuk analisa deskriptif dan menggunakan prosedur analisa kesalahan menurut teori Heidi Dulay. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kesalahan terbanyak yang dilakukan oleh mahasiswa adalah misinformation dengan jumlah 377 kesalahan. Kedua adalah omissiondengan jumlah 130 kesalahan. Ketiga adalah addition dengan jumlah 60 kesalahan. Kesalahan yang sedikit dilakukan oleh mahasiswa adalah misorder dengan jumlah 21 kesalahan. Berdasarkan hasil keseluruhan dari jenis kesalahan tersebut, peneliti menemukan bahwa jumlah sumber kesalahan adalah interlingual transfer yang memiliki 383 sumber kesalahan, communication strategy memiliki 142 sumber kesalahan, intralingual transfer memiliki 55 sumber kesalahan, dan context of learning memiliki 18 sumber kesalahan.