Daftar Isi:
  • Pemerintah Brazil menyadari bahwa penyelenggaraan Piala Dunia 2014 akan menarik minat masyarakat khususnya masyarakat internasional untuk berkunjung ke Brazil. Hal ini tentunya akan sangat berpengaruh pada meningkatnya jumlah kedatangan wisatawan asing ke Brazil. Oleh sebab itu Pemerintah Brazil melalui Kementerian Pariwisata merancang suatu rencana strategis dalam meningkatkan jumlah wisatawan yang berkunjung ke Brazil, yaitu Aquarela Plan 2020. Salah satu tujuan yang ingin dicapai oleh Pemerintah Brazil pada Aquarela Plan 2020 yaitu untuk memenuhi target kunjungan wisatawan asing dengan memanfaatkan penyelenggaraan Piala Dunia 2014. Kesempatan untuk menyelenggarakan event olahraga berskala global seperti ini selalu memiliki resiko yang pada dasarnya akan merusak citra suatu negara daripada meningkatkannya, dan dalam kasus Brazil, nation branding yang sukses dilakukan Brazil melalui Piala Dunia 2014 berarti akan menciptakan suatu brand yang positif. Ini adalah kesempatan nation branding yang tidak hanya akan membuktikan Brazil sebagai pemain dalam dunia ekonomi dan pelaku perdagangan, namun kedepannya akan mampu meningkatkan pariwisata yang berjangka panjang. Di Brazil, wacana mengenai nation branding sudah ada sejak tahun 2007 pada saat Brazil terpilih sebagai tuan rumah Piala Dunia 2014 pada proses Bidding Piala Dunia yang diselenggarakan oleh FIFA, serta masuk dalam Aquarela Plan 2020 yang dicanangkan oleh pemerintah Brazil untuk menjadikan Brazil sebagai negara tujuan wisata internasional. Tujuan nation branding adalah untuk meningkatkan citra sebuah negara dan diharapkan mampu menciptakan investasi, turis, penciptaan lapangan kerja dan ekspor, warisan budaya.