Daftar Isi:
  • Penelitian ini berjudul Pengaruh Penanganan Keluhan XL Axiata Berbasis Twitter Terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan di Purwokerto. Permasalahan utama yang dibahas dalam penelitian ini ialah untuk melihat seberapa besar pengaruh yang diberikan dari penanganan keluhan XL Axiata di media sosial Twitter terhadap kepuasan pelanggan yang berada di Purwokerto Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan cara menyebarkan kuisioner secara online. Penentuan responden dalam penelitian ini hitung dengan rumus Taro Yamane yang menghasilkan jumlah 100 responden dari total jumlah populasi sebesar 59.308. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana untuk mengetahui bagaimana pengaruh penanganan keluhan XL Axiata (variabel X) terhadap kepuasan pelanggan (variabel Y). Pada penelitian ini, peneliti menggunakan teori Customer Relationship Management (CRM). Hasil perhitungan statistik yang yang telah didapatkan dari SPSS 16.00 di penelitian ini adalah nilai adjusted R2 sebesar 0.419 yang berarti variabel X memiliki pengaruh 41.9% terhadap variabel Y. Berdasarkan perhitungan statistik diperoleh pula angka signifikansi sebesar 0.00, dimana angka 0.00<0.05 sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa HO ditolak dan Ha diterima yang berarti hipotesis pada penelitian ini diterima. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini ialah penangan keluhan XL Axiata berbasis Twitter memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan di Purwokerto.