Daftar Isi:
  • Berdasarkan data Nomor 317/PID.SUS/2014/PN.Dpk ini penulis mengkaji tentang kewajiban, tanggung jawab pelaku usaha, dan hak-hak konsumen apa saja yang terdapat didalam produk Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) CV.Fenishelo Putra Mahkota serta pertimbangan hukum hakim dalam memutus kasus putusan tersebut.Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan yuridis normatif, spesifikasi penelitian adalah deskriptif dengan menggunakan data skunder dan primer yang disajikan dengan uraian sistematis dan logis, kemudian dianalisis secara normatif kualitatif.Pelaku usaha menghalalkan segala cara dalam mengiklankan produkyang ditawarkannya untuk memiliki nilai jual yang tinggi atau membuat konsumen tertarik untuk membelinya, seperti halnya CV. Fenishelo PutraMahkota mempromosikan produk nya melalui media iklan atau brosur yangmenyesatkan. CV. Fenishelo Putra Mahkota dalam melakukan mengiklankan tersebut tidak mengindahkan hak konsumen yang tertera didalam Pasal 4 huruf C UUPK dan kewajiban pelaku usaha di dalam Pasal 7 UUPK. Dalam dataNomor 317/PID.SUS/2014/PN.Dpk hakim telah melakukan pertimbangan hukum, hakim harus menggali nilai-nilai, mengikuti, dan memahami nilai-nilai hukum dan rasa keadilan yang hidup dalam masyarakat. Berdasarkan dataNomor 317/Pid.sus/2014/PN.Dpk ini, hakim telah memutus sesuai dengannilai-nilai hukum terkait iklan yang menyesatkan.