Promosi Transportasi Online Berbasis Line@ Dalam Menarik Minat Konsumen (Studi Deskriptif Kualitatif Pada BLEK-JEK Purwokerto)
Daftar Isi:
- Dewasa ini di beberapa kota besar sedang menikmati hadirnya fasilitas transportasi alternatif yang anti macet, tidak ribet, dan tentunya mudah untuk diakses, apalagi kalau bukan ojek online. Saat ini tranportasi online juga mulai menjamur di kota Purwokerto, transportasi online yang hadir di kota Purwokerto berbasis pada penggunaan Line@. Hal ini memicu timbulnya proses promosi untuk dapat terus mempertahankan eksistensi, sekaligus dilakukan sebagai salah satu cara dalam menarik minat konsumen. Berkaitan dengan hal ini, penelitian berjudul “Promosi Transportasi Online Berbasis Line@ Dalam Menarik Minat Konsumen” bertujuan untuk mengetahui kegiatan promosi yang dilakukan oleh salah satu transportasi online yang hadir di kota Purwokerto, yakni BLEK-JEK. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi deskriptif. Fokus kajian pada penelitian ini adalah promosi yang dilakukan BLEK-JEK sebagai salah satu transportasi online yang hadir di kota Purwokerto dalam menarik minat konsumen. Informan dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling, pengumpulan data pada penelitian ini sendiri dilakukan dengan cara wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Dalam penelitian ini menggunakan metode analisis data yang terdiri dari empat langkah, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan yang terakhir penarikan kesimpulan, dengan pengembangan validitas menggunakan triangulasi model sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa BLEK-JEK sebagai salah satu transportasi online berbasis Line@ yang hadir di kota Purwokerto telah melakukan kegiatan promosi baik secara offline maupun online. Dari keseluruhan elemen bauran promosi yang terdiri dari lima elemen, BLEK-JEK hanya memusatkan kegiatan promosi pada elemen periklanan (Advertising), humas & publisitas (Public Relations & Publicity), dan promosi penjualan (Sales Promotion).