Identifikasi faktor-faktor gratification of niche dalam prefensi media komunikasi melalui face-to-face, instant messaging, dan media sosial sebagai penunjang proses belajar di kalangan siswa kelas x SMA N Ajibarang, Kabupaten Banyumas
Daftar Isi:
- Persaingan media komunikasi di era digital merupakan fenomoena yang sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari. Kecanggihan teknologi menggeser pola komunikasi manusia yang termediasi internet sehingga menimbulkan pertanyaan eksistensi dari pemanfaatan media komunikasi konvensional. Gratification of Nichemerupakan pijakan teori yang mampu mendeterminasi persaingan antarmedia berdasarkan gratification statement yang disusun dalam kuesioner termasuk gratification opportunities. Tujuan penelitian untuk mengidentifikasi faktor yang melatarbelakangi preferensi media oleh siswa dalam kaitannya sebagai penunjang proses kegiatan belajar. Selain itu, penelitian ini menjawab research question yang spesifik terhadap dimensi Niche meliputi Niche Breadth, Niche Overlap, Niche Supperiority, dan adanya Displacement Effect persaingan media komunikasi instant messaging, media sosial dan face-to-face.Subjek penelitian adalah siswa kelas XI di SMA Negeri Ajibarang dengan sampel sebanyak 76 responden. Penelitian ini menggunakan metode penelitian secara kuantitatif menggunakan analisis faktor dan t-test. Berdasarkan perhitungan data kuesioner, hasil yang diperoleh yakni; 1.)Terdapat faktor-faktor yang berbeda untuk tiap media, 2.)Niche Breadth terluasadalah komunikasi face-to-face, 3.)Niche Overlap menunjukan persaingan antarmedia lemah, 4.) Niche Superiority dimenangkan oleh instant messaging, 5.) Dalam penelitian ini tidak ditemukan adanya Displacement Effect, 6.) Uji t menunjukan preferensi siswa mengarah pada penggunaan instant messaging.