Hubungan Durasi Dan Frekuensi Penggunaan Gadget Dengan Kebiasaan Makan Anak Usia Sekolah
Daftar Isi:
- Latar belakang: hasil survei pada lima negara di asia tenggara menyatakan bahwa 68% anak mengenal gadget melalui orang tua. penggunaan gadget pada anak meliputi aspek durasi dan frekuensi. hasil yang terlihat adalah perilaku anak mengalami perubahan salah satunya adalah kebiasaan makan anak. penelitian ini bertujuan mengidentifikasi hubungan durasi dan frekuensi penggunaan gadget dengan kebiasaan makan anak usia sekolah. metodologi: desain penelitian ini adalah cross sectional. teknik sampling yang digunakan adalah consecutive sampling. responden berjumlah 104 anak kelas 4 dan 5 sekolah dasar kranji 1,2 dan 3 kecamatan purwokerto timur. instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner kebiasaan makan. analisis korelasi menggunakan metode spearman’s. hasil penelitian: responden laki-laki dan perempuan sama besar (50%), mayoritas berusia 9-10 tahun (57,7%), hampir seluruh responden memiliki smartphone (94,2%). mayoritas durasi penggunaan gadget responden berada pada kategori tidak sehat (73,1%) dan frekuensi penggunaan gadget berada pada kategori sedang (78,8%). hampir seluruh kebiasaan makan responden berada pada kategori sedang (95,2%). analisis korelasi spearman’s antara durasi dan frekuensi penggunaan gadget dengan kebiasaan makan anak usia sekolah menunjukan nilai p=0,473 dan p=0,899. kesimpulan: tidak ada hubungan antara durasi dan frekuensi penggunaan gadget dengan kebiasaan makan anak usia sekolah.