Perbedaan Pengaruh Antara Media Flashcard dan Video Terhadap Pengetahuan Pemilihan Makanan Sehat pada Balita di TK Kecamatan Purwokerto Utara Adi Pratama
Daftar Isi:
- Latarbelakang: masalah gizi disebabkan oleh beberapa faktor seperti pengetahuan orangtua dan sikap anak. masalah gizi yang terjadi secara terus menerus dapat menghambat proses tumbuh kembang dasar yang akan mempengaruhi proses tumbuh kembang pada masa selanjutnya. tujuan penelitian: untuk mengidentifikasi perbedaan pengaruh antara media flashcard dan video terhadap pengetahuan pemilihan makanan sehat pada balita di tk kecamatan purwokerto utara. metodelogi: desain penelitian ini menggunakan eksperimen semu (quasi experiment) dengan rancangan two groups pretest-posttest group design. teknik pengambilan sampling adalah consecutive sampling sebanyak 48 anak. instrumen dalam penelitian ini yaitu kuesioner pengetahuan pemilihan makanan sehat. analisis data menggunakan uji wilcoxon dan uji man whitney. hasil penelitian: hasil uji wilcoxon pengetahuan responden sebelum dan sesudah pendidikan kesehatan menggunakan media flashcard dan video menunjukkan p=0,000 dan p=0,014 atau (p<0,05). sedangkan hasil uji man whitney terhadap rerata pengetahuan antar kelompok flashcard dan video menunjukkan p=0,000 atau (p<0,05). kesimpulan: terdapat perbedaan skor pengetahuan yang signifikan saat sebelum dan sesudah pendidikan kesehatan pada masing-masing kelompok (flashcard dan video), dan terdapat perbedaan yang signifikan pada skor pengetahuan antara kelompok flashcard dan kelompok video.