Pengaruh Tingkat Kualitas Pelayanan dan Aksesibilitas Fasilitas Pelayanan Kesehatan Puskesmas Terhadap Kepuasan Pasien (Studi Pada Puskesmas II Purwokerto Utara)
Daftar Isi:
- Penelitian ini memfokuskan pada kualitas pelayanan, aksesibilitas fasilitas dan kepuasan pasien di Puskesmas II Purwokerto Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode kuantitatif asosiatif, dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner, observasi dan dokumentasi. Pengujian hipotesis pertama dan kedua menggunakan analisis regresi sederhana, sementara hipotesis ketiga menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien dengan nilai analisis regresi sederhana sebesar 49.331, yang signifikan pada taraf kepercayaan 0.000, serta nilai koefisien determinasi 2 (R ) sebesar 0.698 atau sebesar 69.8%; kedua, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Aksesibilitas Fasilitas terhadap Kepuasan Pasien dengan nilai analisis regresi sederhana sebesar 49.7, yang signifikan pada taraf kepercayaan 0.000, serta nilai koefisien determinasi 2 (R ) sebesar 0.632 atau sebesar 63.2%; ketiga, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan secara bersama-sama antara Kualitas Pelayanan dan Aksesibilitas Fasilitas terhadap Kepuasan Pasien dengan nilai analisis regresi berganda sebesar 50.18, yang signifikan pada taraf kepercayaan 0.000, serta nilai koefisien determinasi (R 2 ) sebesar 0.737 atau sebesar 73.7%. Hasil analisis yang dilakukan pada 267 responden menjelaskan bahwa, ada pengaruh yang positif dan signifikan antara Variabel Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien di Puskesmas II Purwokerto Utara. Maka hipotesis pertama, diterima. Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara Variabel Aksesibilitas Fasilitas terhadap Kepuasan Pasien di Puskesmas II Purwokerto Utara. Maka hipotesis kedua, diterima. Ada pengaruh yang positif dan signifikan secara bersama-sama antara Variabel Kualitas Pelayanan dan Aksesibilitas Fasilitas terhadap Kepuasan Pasien di Puskesmas II Purwokerto Utara. Maka hipotesis ketiga, diterima. Kata Kunci: Aksesibilitas Fasilitas, Kepuasan Pasien dan Kualitas Pelayanan