Pengaruh Media Audio Visual Bonding Attachment Terhadap Pengetahuan dan Keterampilan Ibu Bayi BBLR di RSUD Dr. Soedirman Kebumen
Daftar Isi:
- Latar Belakang: Perawatan bayi BBLR di ruang intensif menyebabkan pemisahan dengan orang tua yang memengaruhi bonding attachment. Keterlibatan ibu dalam proses perawatan bayi merupakan cara untuk memperkuat bonding attachment. Pengetahuan dan keterampilan ibu yang kurang membuat kebutuhan bonding attachment ibu dan bayi sulit terpenuhi. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh media audio visual bonding attachment terhadap pengetahuan dan keterampilan ibu bayi BBLR. Metodologi: Penelitian ini merupakan quasi experiment dengan menggunakan consecutive sampling dengan jumlah responden 34, terbagi dalam kelompok intervensi 17 responden dan kelompok kontrol 17 responden. Kelompok intervensi diberikan pendidikan kesehatan melalui audio visual. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner pengetahuan dan lembar observasi bonding attachment. Uji statistik menggunakan paired t test,independent t test, wilcoxon dan mann whitney Hasil Penelitian: Terdapat perbedaan peningkatan pengetahuan (p=0,001) dan peningkatan keterampilan (p=0,000) bonding attachment yang signifikan pada kelompok intervensi sebelum dan sesudah diberikan intervensi. Kesimpulan: Terdapat pengaruh penggunaan media audio visual bonding attachment terhadap pengetahuan dan keterampilan ibu bayi BBLR.