Hubungan Antara Self Regulated Learning dengan Academic Integrity pada Mahasiswa Jurusan Keperawatan Fikes Unsoed
Daftar Isi:
- Latar Belakang: Perilaku disintegritas akademik masih sering ditemukan. Academic integrity (AI) adalah perilaku konsisten peserta didik dalam menjunjung tinggi nilai kejujuran, kepercayaan, keadilan, rasa hormat, dan tanggung jawab selama proses pembelajaran. Self regulated learning (SRL) adalah kemampuan dan keyakinan peserta didik dalam menggunakan strategi kemandirian, menetapkan dan mengendalikan tujuan belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara SRL dengan AI pada mahasiswa Jurusan Keperawatan FIKes Unsoed. Metodologi: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode pendekatan cross sectional. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling sebanyak 136 orang responden. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner dan data dianalisis menggunakan uji korelasi Pearson. Hasil Penelitian: Hasil penelitian menunjukan bahwa responden terbanyak berjenis kelamin perempuan (93,4%) dan responden yang tinggal bersama dengan orang tua lebih sedikit (21,3%). Skor rata-rata nilai SRL dan AI relatif tinggi. Uji korelasi Pearson menunjukkan adanya korelasi positif yang signifikan secara statistik antara SRL dan AI dengan kekuatan korelasi yang lemah pada mahasiswa Jurusan Keperawatan FIKes Unsoed (r = 0,399; p < 0,001). Kesimpulan: Self regulated learning yang baik berhubungan pula dengan academic integrity yang baik.