Daftar Isi:
  • Latar Belakang: Tingginya kejadian diare di Indonesia dapat disebabkan oleh rendahnya pengetahuan anak tentang pencegahan diare. Media video dan cerita bergambar dapat digunakan untuk meningkatkan pengetahuan pencegahan diare pada anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh pendidikan kesehatan menggunakan video dan cerita bergambar terhadap peningkatan pengetahuan pencegahan diare pada anak kelas 3 SD. Metode: Desain penelitian ini menggunakan quasi experiment. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 3 SDN 4 Karangpucung dan SDN 3 Karangklesem Purwokerto Selatan. Sampel diambil menenggunakan simple random sampling dengan jumlah 52 responden. Responden dibagi menjadi kelompok video dan cerita bergambar. Data dianalisis menggunakan Uji Wilcoxon dan Mann-Whitney. Hasil: Hasil uji Wilcoxon diperoleh hasil p= 0,003 pada kelompok video dan p < 0,001 pada kelompok cerita bergambar. uji Mann-Whitney diperoleh hasil nilai p= 0,069.