Preferensi Minat Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jenderal Soedirman Nasabah Perbankan Syariah dalam Menggunakan Jasa Perbankan Syariah
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah variabel biaya, pendapatan, pelayanan, lokasi, dan bagi hasil berpengaruh terhadap minat mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto untuk menggunakan jasa perbankan syariah serta menganalisis variabel manakah yang paling elastis terhadap minat mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto untuk menggunakan jasa perbankan syariah. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dan metode pengumpulan data yang digunakan yaitu pengumpulan data dari hasil kuisioner online yang disebar ke mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jenderal Soedirman. Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto. Metode pengambilan sampel menggunakan rumus Zikmund sehingga sampel yang diperoleh sebanyak 103 responden mahasiswa yang menjadi nasabah perbankan syariah. Teknik analisis yang digunakan adalah tabulasi silang Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel rendahnya biaya, pendapatan, pelayanan, lokasi dan bagi hasil berpengaruh terhadap minat mahasiswa menggunakan perbankan syariah. Kemudian variabel yang paling penting untuk preferensi minat mahasiswa menggunakan perbankan syariah adalah variabel pelayanan. Implikasi dari kesimpulan di atas adalah pertama perbankan syariah perlu meningkatkan pelayanan yang baik termasuk kepada nasabah mahasiswanya. Melalui pelayanan di kantor perbankan syariah atau ATM, pelayanan nasabah melalui call center, cepat tanggap kepada nasabah serta konsultasi terkait perbankan syariah kepada nasabah. Perbankan syariah juga perlu meningkatkan kualitas lokasi perbankan syariah dari lokasi kantor kas, kantor cabang, dan ATM yang strategis sehingga memudahkan para nasabah untuk melakukan berbagai transaksi administrasi dan keuangan. Adapun perbankan syariah perlu memerhatikan biaya – biaya seperti biaya adminstrasi, saldo minimal, biaya pemeliharaan tabungan, dan saldo awal, karena nasabah juga memertimbangkan variabel biaya dalam perbankan syariah. Kedua perbankan syariah perlu meningkatkan kualitas pelayanannya, karena dengan adanya peningkatan dari segi pelayanan akan terus memunculkan minat masyarakat, termasuk mahasiswa untuk menggunakan jasa perbankan syariah.