Analisis pengaruh budaya populer terhadap keputusan pembelian merchandise k-pop di kalangan remaja dengan fanatisme, gaya hidup, dan kelompok referensi sebagai variabel mediasi (studi kasus pada fandom army di indonesia)
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruhvariabel budaya populer terhadap keputusan pembelian dengan fanatisme, gayahidup, dan kelompok referensi sebagai variabel mediasi. Sampel dalam penelitianini terdapat 130 responden yang merupakan anggota dari fandom ARMY. Metodeconvenience sampling digunakan dalam penentuan sampel penelitian ini. Data dianalisis menggunakan Sobel test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa budayapopuler berpengaruh positif terhadap fanatisme, gaya hidup, dan kelompokreferensi. Hasil lainnya ditemukan bahwa fanatisme, gaya hidup, dan keputusanpembelian berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Sedangkanfanatisme, gaya hidup, dan kelompok referensi memediasi hubungan antarabudaya populer terhadap keputusan pembelian.