Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kedisiplinan belajar siswa di sekolah. Untuk mengatasi hal tersebut maka dilakukan pengukuran terhadap faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kedisiplinan belajar siswa. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pengaruh Pemberian Reward Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa di MA Unggulan Hikmatul Amanah Bendunganjati Pacet Mojokerto, 2) Pengaruh Pemberian Punishment Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa Di MA Unggulan Hikmatul Amanah Bendunganjati Pacet Mojokerto, 3) Pengaruh Secara Simultan Antara Pemberian Reward Dan Punishment Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa Di MA Unggulan Hikmatul Amanah Bendunganjati Pacet Mojokerto. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Kemudian untuk mengetahui tingkat pengaruh secara parsial dan simultan melalui uji t dan uji f dengan menggunakan aplikasi SPSS 16.0. Data dikumpulkan melalui angket online dengan menggunakan google form yang disebarkan kepada siswa. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI MA Unggulan Hikmatul Amanah Bendunganjati Pacet Mojokerto dengan sampel sebanyak 30 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Terdapat Pengaruh Pemberian Reward Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa di MA Unggulan Hikmatul Amanah Bendunganjati Pacet Mojokerto dengan t hitung 2,998 > t tabel 2,048 dan memiliki pengaruh sebesar 24,3%. 2) Terdapat Pengaruh Pemberian Punishment Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa Di MA Unggulan Hikmatul Amanah Bendunganjati Pacet Mojokerto dengan t hitung 2,585 > t tabel 2,048 dan memiliki pengaruh hanya sebesar 19,3%. 3) Terdapat pengaruh secara simultan dengan f hitung 6,526 > F tabel 3,350. Secara simultan keduanya juga memiliki pengaruh sebesar 32,6% terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa Di MA Unggulan Hikmatul Amanah Bendunganjati Pacet Mojokerto dan memiliki kualitas hubungan sedang.