Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Soal Open Ended Bangun Ruang Sisi Datar

Main Author: Rahmasari, Dewi Nuur
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: OSF Preprints , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/702/1/JURNAL%20DEWI%20NR.pdf
http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/702/
https://osf.io/scjh4/
Daftar Isi:
  • Kreativitas merupakan salah satu hal yang penting dalam kehidupan. Kreativitas dapat dilihat dari tiga indikator kemampuan berpikir kreatif yaitu, kefasihan (fluency), fleksibilitas (flexibility), dan kebaruan (novelty). Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses berpikir kreatif siswa SMP dalam menyelesaikan soal open ended bangun ruang sisi datar. Soal open ended dipilih karena dapat mendorong siswa berpikir kreatif. Subjek uji coba adalah 26 siswi kelas VIII D MTsN 1 Malang dengan kemampuan heterogen. Uji coba dilakukan pada siswa kelas VIII MTS Negeri 1 Malang yang telah menempuh materi bangun ruang sisi datar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif menggunakan instrumen tes berpikir kreatif dan wawancara untuk mengumpulkan data. Data berupa hasil tes kemampuan berpikir kreatif yang terdiri dari dua masalah dan wawancara. Selanjutnya data dianalisis berdasarkan tiga indikator kemampuan berpikir kreatif yaitu, kefasihan, fleksibilitas, dan kebaruan. Dari hasil analisis diketahui (1) pada indikator kefasihan, sebanyak 56,67% siswa menjawab soal dengan satu jawaban benar, sehingga kefasihan masih kurang ; (2) sebanyak 10% siswa menjawab soal dengan benar melalui satu cara, sehingga fleksibilitas masih kurang; (3) pada indikator kebaruan, tidak ada siswa yang menunjukkan kebaruan dalam mengerjakan soal. Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa masih rendah Berdasarkan analisis hasil pengembangan diperoleh hasil bahwa LKS yang dikembangkan dinyatakan valid, praktis, dan efektif.