PERAN GURU AKIDAH AKHLAQ DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN SPIRITUAL PESERTA DIDIK DI MA UNGGULAN HIKMATUL AMANAH
Main Author: | Lailatul Nur, Churryah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/671/1/cover%20dan%20abstrak.chur.pdf http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/671/2/BAB%20I.chur.pdf http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/671/3/BAB%20V.chur.pdf http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/671/4/DAFTAR%20PUSTAKA.chur.pdf http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/671/5/CHUR%20SUDAH%20WATERMARK.pdf http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/671/ |
Daftar Isi:
- Kecerdasan emosional merupakan kecerdasan untuk menahan emosi peserta didik yang tidak akan merugikan orang sekitarnya, kecerdasan spiritual adalah kecerdasan yang berhubungan dengan jiwa. Kecerdasan ini mempunyai tingkatan yang berdasar pada bagian diri orang masing-masing yang ada hubungannya dengan kebajikan di luar kepribadian atau jiwa sadar, dengan bertujuan untuk membantu membangun diri manusia secara menyuluruh. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Pengembangan Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual Peserta Didik dan Bagaimana Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual Peserta Didik Di MA Unggulan Hikmatul Amanah. Jenis Penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan rancangan studi multikasus. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Adapun instrumen pembantu dalam penelitian ini yaitu pedoman wawancara. Teknis analisis data meliputi Reduksi data, Penyajian data, Penarikan kesimpulan. Informan penelitian adalah Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, Guru Akidah Akhlak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pengembangan pengembangan kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual peserta didik di MAU Hikmatul Amanah adalah untuk mengembangkan segi sistem pembelajaran menggunakan K-13, untuk yang dikembangkan dari segi pengajarnya atau tenaga pendidiknya melalui seminar atau pelatihan dan sebagainya, guru akidah akhlak selalu kordinasi mengenai pengembangan kecerdasan emosional kepada pada guru BK. 2) Peran Guru Aqidah Akhlak dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Peserta Didik di MAU Hikmatul Amanah adalah mengembangkan kecerdasan emosional dan spiritual dengan memberikan contoh bahasa dan sikap yang santun.. Jika peserta didik melakukan kesalahan maka tindakan yang baik yang dilakukan dengan cara menegurnya dengan kata kata yang baik dan penuh kasih sayang, Pengembangan kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual biasanya selalu kordinasi dengan beberapa pihak. Dengan selalu membangun komunikasi yang baik antara kesiswaan, osis, pihak-pihak yang terkait untuk mencapai suatu tujuan yang sama, Penekanan dalam spiritual.