PENGARUH METODE TUTOR SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MI MIFTAHUL ULUM CEPOKOLIMO PADA SUBTEMA 2 PERPINDAHAN KALOR DI SEKITAR KITA
Main Author: | Pretty, Amaliyah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/496/1/Cover%20dan%20abstrak.pdf http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/496/2/BAB%20I.pdf http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/496/3/BAB%20V.pdf http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/496/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/496/5/SKRIPSI%20Full%20Text.pdf http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/496/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini di latar belakangi oleh metode yang digunakan guru yang sifatnya masih konfensional, dengan demikian menyebabkan hasil belajar siswa yang tidak tuntas dengan presentase 82%, dengan demikian peneliti mengambil judul pengeruh metode tutor sebaya terhadap hasil belajar siswa. Dengan adanya permasalahan tersebut peneliti memilih sebuah rumusan masalah yang dirasa tepat untuk dikaji diantaranya, 1) Bagaimana pelaksanaan metode tutor sebaya di MI Miftahul Ulum Cepokolimo?, 2) Seberapa besar pengaruh metode tutor sebaya terhadap hasil belajar siswa kelas V pada subtema 2 perpindaham kalor di sekitar kita di MI Miftahul Ulum Cepokolimo? Tujuan dalam penelitian ini 1) untuk mengetahui pelaksanaan metode tutor sebaya di MI Miftahul Ulum Cepokolimo. 2) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh metode tutor sebaya terhadap hasil belajar siswa kelas V pada subtema 2 perpindaham kalor di sekitar kita di MI Miftahul Ulum Cepokolimo. Penelitian ini menggunakan pendekatan One Grup Pretest Post Test Desine. Sampel yang digunakan untuk diberi perlakuan adalah kelas V MI Miftahul Ulum Cepokolimo. Hasil analisis data menunjukkan bahwa hasil belajar meningkat dari skor pre test ke hasil post test. Sebelum diberikan pre test dan post test terlebih dahulu buutir soal telah divalidasi oleh ahli Ibu Ika Agustin Adityawati, M.Pd. Hasil dari penelitian ini adalah 1) pelaksanaan metode tutor sebaya di MI Miftahul Ulum Cepokolimo berjalan dengan baik sesuai RPP. 2)berdasarkan hasil uji SPSS yang didapati dari uji hipotesis dengan menggunakan yakni uji Paires Sample T-Test ialah Asymp, Sig (2-tailed) 0,001 dimana terdapat pengaruh signifikasi antara penggunaan metode tutor sebaya terhadap hasil belajar siswa, dalam artian lain yaitu Ha diterima dan H0 ditolak.