STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PEMBENTUKAN KARAKTER ISLAMI SISWA DI MADRASAH KHALAFIYAH SYAFI’IYAH WUSTHO ZAINUL HASAN GENGGONG PAJARAKAN KABUPATEN PROBOLINGGO
Main Author: | Shohihah, Shohihah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/377/1/Cover%20dan%20Abstrak.pdf http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/377/2/BAB%20I.pdf http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/377/3/BAB%20V..pdf http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/377/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/377/5/Tesis%20Fulltext.pdf http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/377/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang “Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Pembentukan Karakter Islami di Madrasah Khalafiyah Syafi’iyah Wustho Zainul Hasan Genggong Probolinggo. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber informasi penelitian ini adalah Guru Pendidikan Agama Islam, Kepala Madrasah, Peserta didik, Serta Guru Bidang Studi lainnya.Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi partisipan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan menggunakan model Miles dan Huberman. Temuan dalam penelitian ini adalah tentang peran pendidikan agama Islam di Sekolah dalam pembentukan karakter peserta didik. Pendidikan Agama Islam (PAI) merupakan salah satu pilar pendidikan karakter yang paling utama. Pendidikan karakter akan tumbuh dengan baik jika di mulai dari tertanamnya jiwa keberagamaan pada anak, oleh karena itu materi Pendidikan Agama Islam (PAI) di sekolah menjadi salah satu penunjang pendidikan karakter. Melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa di ajarkan aqidah sebagai dasar keagamaannya, di ajarkan al-Quran dan Hadits sebagai pedoman hidupnya, di ajarkan fiqih sebagai rambu-rambu hukum dalam beribadah, mengajarkan sejarah Islam sebagai sebuah keteladanan hidup, dan mengajarkan akhlak sebagai pedoman perilaku manusia apakah dalam kategori baik ataupun buruk. Oleh sebab itu, tujuan utama dari Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) adalah pembentukan kepribadian pada diri siswa yang tercermin dalam tingkah laku dan pola pikirnya dalam kehidupan sehari-hari. Di samping itu, keberhasilan pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di sekolah salah satunya juga di tentukan oleh penerapan metode pembelajaran yang tepat.