Pembiasaan Shalat Tahajud Dalam Meningkatkan Kesuksesan Belajar Aqidah Akhlak Peserta Didik Kelas XII Di Madrasah Aliyah Bertaraf Internasional Amanatul Ummah Pacet Mojokerto

Main Author: Indri, Cahyani
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/37/1/Cover%20dan%20Abstrak.pdf
http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/37/2/BAB%20I.pdf
http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/37/3/BAB%20V.pdf
http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/37/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/37/5/skripsi%20full.pdf
http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/37/
Daftar Isi:
  • Shalat memiliki kedudukan penting dalam Islam, kokohnya pondasi manusia dapat dilihat dari shalatnya. Terdapat dua jenis shalat, yang pertama shalat wajib dan yang kedua shalat sunnah. Shalat sunnah yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah adalah shalat tahajud. Shalat tahajud adalah shalat sunnah yang istimewa karena keheningan malam merupakan waktu yang terbaik untuk mendekatkan diri kepada Allah. Dengan demikian, shalat tahajud merupakan salah satu cara mendekatkan diri kepada Allah. Karena pada dasarnya kesuksesan belajar peserta didik tidak hanya kerena faktor pembelajaran yang efektif, tetapi juga karena faktor spiritualitas atau keagamaan. Dan faktor spiritualitas ini di dapatkan dengan mendekatkan diri kepada Allah. Dalam penelitian ini, yang menjadi fokus penelitian adalah tentang bagaimana pembinaan dan bagaimana implementasi pembiasaan shalat tahajud dalam meningkatkan kesuksesan belajar Aqidah Akhlak peserta didik kelas XII di Madrasah Aliyah Bertaraf Internasional Amanatul Ummah. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yang menggunakan metode deskriptif kualitatif, dan metode pengumpulan data penelitian ini diperoleh dengan cara, 1) Observasi, 2) Wawancara, dan 3) Dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembiasaan shalat tahajud di Madrasah Aliyah Bertaraf Internasional Amanatul Ummah berjalan dengan baik dalam teknis pelaksanaan dan implementasinya, hasil data dan wawancara menunjukkan bahwa, 1) Pembinaan shalat Tahajud di Madrasah Aliyah Bertaraf Internasional Amanatul Ummah terlaksana dengan baik, yang awalnya peserta didik tidak terbiasa mengerjakan shalat Tahajud, lama kelamaan peserta didik menjadi rajin shalat Tahajud di setiap malam. Hal ini terbukti dengan adanya pemilihan metode yang tepat untuk pembinaan shalat Tahajud, 2) Implementasi shalat Tahajud dalam meningkatkan kesuksesan belajar peserta didik berjalan dengan baik, hal ini terbukti dengan adanya perubahan baik yang diperoleh peserta didik.