IMPLEMENTASI MODUL PAI BERBASIS GAMBAR DALAM MENINGKATKAN MINAT MEMBACA DAN PRESTASI SISWA SMPI HIDAYATUL UMMAH GONDOSULI PAKUNIRAN PROBOLINGGO
Main Author: | Ummi, A'izzati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/342/1/Cover%20dan%20Abstrak.pdf http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/342/2/BAB%20I%20Pendahuluan.pdf http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/342/3/BAB%20V%20Penutup.pdf http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/342/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/342/5/Tesis%20Jadi%20Satu%20umi%20aizzati.pdf http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/342/ |
Daftar Isi:
- Membaca merupakan salah satu pintu utama untuk dapat mengakses pengetahuan. Dalam hal ini seorang siswa harus memahahami secara penuh sehingga pencapain yang didapat akan lebih maksimal. Untuk memudahkan itu semua lembaga harus menyiapkan beberapa fasilitas agar dapat menjadi pertimbangan untuk kegiatan belajar seperti fasilitas, sarana dan prasaran termasuk salah satunya yaitu buku , jika perlu seorang guru harus menyiapkan rangkuman yang akan di jadikan bahan ajar yang sesuai dengan kurikulum yang telah berlaku di negara ini. Dan guru juga juga berperan sebagai desainer pembelajaran, mediator pembelajaran, selain itu guru juga sebagai pelaksana kurikulum dalam pembelajaran. Guru harus mampu memberikan penekanan yang berbeda dari kurikulum sebelumnya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, sesuai dengan pendapat Bodgan dan Taylor dalam bukunya”Metotodologi kulitatif”. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui wawancara,observasi dan dokumentasi, dan hasil data yang diinformasikan dalam penelitian ini berupa pernyataan secara deskriptif sesuai dengan hasil observasi,dokumentasi dan wawancara dengan pihak terkait seperti kepala Sekolah, waka Kurikulum, wali kelas VIII, Guru PAI, Penjaga perpustakaan sekolah dan siswa kelas VIII. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : implementasi Modul PAI berbasis gambar dalam pembelajaran PAI di SMPI Hidayatul Ummah berjalan dengan baik sesuai dengan rencana yang telah direncanakan, Implementasi Modul berbasis gambar juga bisa meningkatkan minat baca dan prestasi siswa.